Brand Usaha

Tulisan ini bukan tulisan ilmiah, jadi sekedar sharing pengalaman saya saja selama menjadi waiter di hotel Hyatt Regency Yogyakarta.

Waktu itu (sekitar tahun 2002), ketika saya menjadi waiter di Hyatt Regency Hotel sering berbincang dengan beberapa tamu saya. baik yang tamu lokal (Indonesia) maupun yang mancanegara (bule).

Ketika saya tanya, kenapa mereka memilih untuk stay (menginap) di hotel Hyatt? Mereka rata-rata menjawab, “Servisnya Excellent/servisnya paling bagus”. Dan bahkan mereka berkata, ke mana pun mereka pergi, selalu stay di hotel Hyatt.

Baru setelah saya keluar dari Hyatt dan membaca banyak referensi marketing dan merek, saya jadi tahu bahwa LOYALITAS PELANGGAN itu adalah buah dari brand yang kita usahakan. Dan Brand yang berhasil itu menurut pengalaman saya adalah sesuatu yang menancap di benak pelanggan. Sesuatu itu bisa berupa layanan kita, kepuasan mereka menerima jasa dll.

Menurut Anda?

Semoga sharing pengalaman ini bisa bermanfaat untuk perusahaan Anda yang sedang membangun brand/merek.

Untuk yang penasaran dengan marketing, bisa masuk https://arsitekweb.wordpress.com/2013/08/02/anomali-marketing/

Leave a Reply

